Tahun Ajaran Baru 2011/2012


Tahun ajaran 2010 /2011 resmi berakhir pada tanggal 18 Juni 2011 yang lalu . Satu tahun sudah lamanya guru dan siswa melaksanakan tanggung jawabnya masing - masing .Banyak peristiwa yang mewarnai,baik suka maupun duka .Bagi siswa Yang naik kelas tentu amat bahagia sebab mereka bisa memasuki jenjan g pendidkan yang lebih tinggi .Dan yang lulus dari sekolahnya juga tidak beda jauh dengan adik - adik kelasnya , dan kebahagiaan mewarnai wajah - wajah mereka .Almamater baru segera akan dimasuki.Dan tak lupa pula bagi sang guru berakhirnya tahun ajaran baru berarti harus mempersiapkan administrasi pengajaran yang lebih baik.

Yang sering dipusingkan ketika memasuki tahun ajaran baru sesungguhnya adalah orangtua wali murid .banyak diantara mereka stress dibuatnya.sebab mereka harus mempersiapkan anggaran yang lebih alias 2 kali lipat guna memenuhi fasilitas pendidikan putra -putrinya .Pada situasi yang demikian ini umumnya lembaga pendidikan mematok anggaran yang lumayan besar bagi siswa baru .Hal inilah yang terkadang menjadi momok wali murid.

Sementara itu mari kita menyikapi dengan hati yang jernih dan ketenangan berfikir .Datangnya tahun ajaran baru adalah sebuah keniscayaan yang tentu terjadi di negeri ini sepanjang pendidikan masih berlangsung . Hal ini menuntuk kita bisa bersikap lebih arif.Yang dapatkita lakukan adalah sedari awal orang tua sesungguhnya bisa membuat perencanaan yang lebih baik .

Dalam membuat planing seyogyanya berkaca pada pengeluaran anggaran tahun - tahun sebelumnya.Hal itu berlaku bagi yang putra - putrinya naik kelas . Untuk anak - anaknya yang lulus dari sekolah seharusnya dari sisi anggaran harus mempersiapkan yang lebih besar .dan merencanakan pengeluaran anggaran untuk 3 tahun ke depan.Bila hal ini bisa dilakukan dengan cermat tentu tidak akan membebani kita sebagai orang tua .

Persoalannya adalah mampukah orang tua bisa menyediakan anggaran seperti yang di estimasikan ?.Yang non PNS bagaimana ? menabung bisa menjadi solusi terbaik untuk sementara ini .Siswa dan wali murid tidak akan pusing dengan hal itu manakala mental juga telah tertata jauh - jauh hari .Qonaah dan berserah diri kepada Allah .Tuhan semesta alam adalah yang terbaik agar selalu dibimbing dan mendapatkan kemudahan .

Kesimpulannya , datangnya tahun ajaran baru mari kita jadikan sebagai pembelajaran untuk membuat perencanaan pendidikan putra - putri kita lebih baik lagi . Jangan gagap dan terbebani .(Agus)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Pena Rakyat © 2011 Design by Admin Pena Rakyat